Selasa, 05 Mei 2009

Profil Karanganyar

Karanganyar adalah suatu kecamatan dengan ibukota Karanganyar yang terletak di kabupaten Kebumen, propinsi Jawa Tengah, yang terletak di jalur jalan raya dan jalan kereta api jalur selatan propinsi Jawa Tengah. Lokasi dapat dengan mudah dicapai melalui jalan darat lewat atau dengan dengan kereta api. Karanganyar terletak sekitar 100 km arah barat Yogyakarta, yang dapat ditempuh sekitar 3 jam. Bila ditempuh dari Jakarta atau Bandung sekitar 7 - 10 jam perjalanan menggunakan kendaraan atau kereta api. Hampir sebagian wilayah Karanganyar terdiri dari desa-desa dengan hamparan sawah-sawah yang luas, dengan dipagari rbukit-bukit di sebelah utara.

 

Banyak penduduk usia muda yang sebagian besar melakukan migrasi ke kota-kota besar yang bekerja diberbagai sektor mulai sebagai buruh lepas sampai dengan eksekutif. Banyaknya orang yang merantau disebabkan karena tidak ada lapangan kerja yang memadai dan tersedia di Karanganyar.

 

Mata pencaharian utama penduduk adalah bertani, berkebun, berternak dan berdagang. Komoditas utama yang diperdagankan adalah hasil pertanian seperti beras, ubi kayu, kelapa, jagung, kedelai, pisang, kacang dan sayur-sayuran.  Gabah dan beras adalah potensi utama yang dapat dihasilkan. Hasil bumi lainnya adalah jagung, ketela pohon, gaplek, mentimun, kacang tanah dan jagung. Ternak yang biasa dipelihara adalah ayam, itik, kambing, kerbau dan sapi.

 

Disamping itu beberapa orang melakukan home industry seperti membuat batu bata merah, batik tulis, minyak kelapa, kopra dan sentra industri oleh-oleh.

 

Karanganyar sendiri merupakan kota kecil, dan dilewati oleh orang yang mau bepergian ke Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang dan Surabaya. Jalan raya yang melalui Karanganyar adalah jalan negara dengan lebar dua jalur dan beraspal hotmix, sedangkan jalan kereta api dibangun pada abad ke 18.

 

Tranportasi lokal yang tersedia adalah dokar (delman), becak, ojeg, bus antar kota, angkutan pedesaan (colt), dan sepeda.

 

Penginapan juga tersedia seperti hotel kelas melati dan losmen dengan tarif yang relative terjangkau.

 

Rumah makan / restaurant tersedia hampir disepanjang jalan raya utama lintas selatan. Warteg dan warung tenda juga banyak dijumpai dengan makanan khas yang buka mulai sore hingga malam dipusatkan di halaman pasar Karanganyar.

 

Pasar Karanganyar merupakan pusat kegiatan perdagangan, dimana hari pasaran biasanya pada hari Selasa dan Jum'at, sehingga dihari-hari tersebut biasanya jalan raya menjadi ramai dan macet.

 

Fasilitas lain-lain tersedia juga bengkel motor, bengkel mobil, mesjid, puskesmas, pompa bensin, sekolahan, bank, ATM, dsb.

 

Bahasa yang sehari-hari dipergunakan adalah bahasa Jawa ngapak-ngapak, sama seperti bahasa yang digunakan orang di wilayah Banyumas.

 

Makanan khas untuk oleh-oleh banyak dijual di pasar Karanganyar antara lain  Jipang rasanya manis, terbuat dari campuran kacang tanah dan gula merah. Lanting rasanya gurih dan renyah, terbuat dari ubi kayu diparut, dibuat angka depalan kecil-kecil, dan digoreng. Kue satu rasanya manis, terbuat dari kacang hijau atau ketan, kemudian dicetak segi empat kecil-kecil. Gula merah tangkepan berwarna kuning keemasan bersih, yang dibuat dari nira air kelapa yang dimasak, dan dicetak dengan batok kelapa. Jika anda dalam perjalanan jalur lewat lintas selatan, silahkan berkunjung di pasar Karanganyar, anda dapat membeli gula merah atau oleh-oleh lain dengan harga yang relatif murah.

 

Kerajinan yang banyak dibuat adalah kerajinan dari bambu misalnya : peralatan rumah tangga dan peralatan dapur yang terbuat dari bambu (cepon, rinjing, tampah, kipas, caping, gedheg, dll), kerajinan anyaman pandan (slepen, complong, dll) dan perkakas rumah tangga terbuat dari batu (cobek, ulegan, lumpang, dll) dan kayu (dipan, amben, dll).

 

Beberapa kampung / desa yang terletak di wilayah Karanganyar antara lain Karanganyar, Giripurno, Karangkemiri, Wonorejo, Grenggeng, Sidomulyo, Panjatan, Pekuwon, Jatiluhur, Plarangan, Candi, dll.

 

Jumlah penduduk pada th. 2001 sebanyak 33.761 jiwa dengan pertumbuhan sekitar 1,1%.

 

GPS Lokasi geografi wilayah Karanganyar :

Altitude (feet) 328

Lat (DMS) 7° 37' 60S

Long (DMS) 109° 34' 0E

Altitude (meters) 99

 

7 komentar:

  1. aslamualaikum

    salam sejahtera buat wqarga karanganyar..

    Karanganyar bagi saya adalah kota yang penug kenangan ...disana aku dilahirkan ,sekolah ,bermain.tumbuh...sekarang aku nan jauh di sana ..tepatnya dikota makasar...tapi setiap pulang aku nggak lupa bawa lanting...yg KU ingat banget gedung bioskup dewi....

    BalasHapus
  2. jangan lupa kalo pulang, cicipin getuk, kethek, gembus, pecel

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas kalau penginapan di dekat stasiun karanganyar ada g y???saya boleh minta infonya

      Hapus
    2. Ada hotel yang dekat ke Stasiun Karanganyar,dulu namanya Hotel Aman lokasinya persis di sebelah barat jembatan karanganyar, dari stasiun ke arah barat kurang lebih 800 meter, ada juga hotel candisari, dari stasiun ke arah timur gak jauh paling 2 km

      Hapus
  3. Saya baru tahu Karanganyar setelah besar, karena ibu saya betawi saya lahir, dibesarkan. sekolah, kuliah dan kerja di Jakarta semua. Begitu menginjakkan kaki di Karanganyar, wuihhh betah, ga mau balik ke Jakarta. Jauh dari hiruk pikuk kota Jakarta. Maklum saya campuran Karanganyar (Jawa) dan Betawi, dua budaya yang berbeda. Setiap lebaran maunya ke Karanganyar. I miss u my second city...

    BalasHapus
  4. Infonya sangat bermanfaat ya, terimakasih lo ya, Semoga anda di berikan kelancaran dalam berusaha, dan di beri kesehatan, kelanjaran, dan tak lupa kesuksesan , dan juga makin jaya ya :)
    Dari :
    Pembicara Internet Marketing
    menjadikan jualan anda lebih terkenal dan banyak dikenal oleh masyarakat luas, menjadikan No 1 di semua halaman google, dengan menggunakan fasilitas GRATIS di INTERNET.
    anda berminat??
    hub Bpk. Agus Setiyawan
    081 333 841183 (Simpati)
    0817 537894 (XL)
    0341 5455330 (Flexi)
    atau kunjungi di
    http://www.pembicarainternetmarketing.com/workshop-internet-jadikan-internet-sebagai-mesin-pencetak-uang.html

    BalasHapus
  5. Nyong asli wong Karanganyar saiki lagi mrantau adoh nang Banten, tapi kepengin balik maning, muga-muga mengko nek wektune pensiun bisa pulang kampung. Esih kelingan banget cilikanku mbiyen sekolah nang smp purna karanganyar (manggon nang smp 3 sore)terus pindah meng jeruk gulung, kidule bioskop dewi. jaman gemiyen angger sekolah pada runtang runtung nganggo pit onthel

    BalasHapus